July 5, 2022
NETTER > Blog > Health > Bagaimana memenangkan debat dengan elegant
Pernah berdebat dengan seseorang yang bahkan tidak mau mendengarkan alasan? Terasa sangat frustasi, bukan?
Spread the love

Bagaimana memenangkan debat dengan seseorang yang tidak mau mendengarkan.

Pernah berdebat dengan seseorang yang bahkan tidak mau mendengarkan alasan? Terasa sangat frustasi, bukan?

Seolah-olah mereka memiliki konverter yang menyaring semua yang Anda katakan dan mengubahnya menjadi apa yang ingin mereka dengar. Mengapa mereka melakukan itu? Apakah mereka benar-benar sebodoh itu? Tidak juga.

Jika mereka benar-benar bersikeras untuk tidak mendengarkan indera, maka mereka mungkin dalam keadaan yang disebut disonansi kognitif. Tapi tunggu, sebentar – apa itu disonansi kognitif? Ini adalah keadaan memiliki pikiran, tindakan, keyakinan, atau keinginan yang tidak konsisten.

Contoh, seorang pecandu alkohol mengatakan dia mencintai keluarganya tetapi tahu bahwa alkohol menghancurkan hidupnya. Dia mencoba berhenti tetapi kambuh karena penarikan yang menyakitkan. Jadi dia datang dengan alasan dan bahkan menyangkal bahwa dia punya masalah. Hanya untuk tetap konsisten dengan kata-katanya. Itu sebabnya bahkan orang yang paling pintar pun terkadang berpegang teguh pada keyakinan yang paling konyol.

Biaya untuk mengubah keyakinan itu terlalu tinggi. Dan hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk orang itu adalah menumpuk argumen logis pada mereka. Itu hanya memaksa mereka untuk menggali lebih dalam.

Jadi, inilah 7 tanda disonansi kognitif.

Tapak dengan hati-hati ketika Anda melihatnya pada seseorang:

1/ Terpesona oleh informasi baru

Terkejut dengan informasi baru

Mereka merasa tercengang oleh sebuah kesadaran.
Mereka kehilangan kata-kata. Mereka tergagap.
Mereka terlihat seperti rusa di lampu depan.
Tapi mereka tidak mengubah posisi mereka. Belum lagi.

2/ Tidak dapat meringkas apa yang dikatakan orang lain

Mereka terus menarik kesimpulan yang salah.
Biasanya dimulai dengan frasa – “jadi apa yang Anda katakan
Perhatikan kalimat itu.
Itu biasanya berarti bahwa orang lain mengalami badai yang mengamuk di dalam dirinya.

3/ Membaca pikiran

Mereka mencoba membaca maksud Anda.
Dan seringkali mereka jauh dari sasaran.
Tapi mereka tidak membiarkannya beristirahat.
Mereka bersikeras bahwa Anda setuju dengan kesimpulan mereka.
Dan ketika Anda tidak melakukannya, itu membuat mereka lebih gelisah.

4/ Memindahkan tiang gawang

Mencoba memenangkan pertengkaran dengan mereka terasa seperti mencoba mencetak gol.
Hanya saja mereka terus menggerakkan tiang gawang.
Mereka menaikkan poin.
Anda memberikan jawaban yang logis.
Tiba-tiba itu tidak masalah dan mereka mengambil inkonsistensi lain yang tampak.
Ini menjengkelkan.

5/ Berteriak atau marah

Mereka kehilangan ketenangan dan mulai meneriaki Anda.
Mereka merasa bahwa logika mereka tidak cukup kuat.
Mereka kalah.
Jadi mereka menggunakan agresi verbal.

6/ Serangan ad-hominem

Mereka menyerang Anda alih-alih argumen Anda.
Ini biasanya berarti mereka berada di kaki terakhir mereka dan sekarang segalanya akan menjadi lebih buruk.

7/ Mundur dari satu titik tanpa membuat konsesi

Mereka beralih topik secara tiba-tiba tanpa menyimpulkannya.
Suatu saat mereka dengan penuh semangat mendebat Anda.
Saat berikutnya mereka telah pindah ke sesuatu yang lain.
Dan itu juga, tanpa membuat konsesi.

Jika Anda melihat dua atau tiga tanda di atas maka berhentilah berdebat. Berhentilah dengan argumen logis karena mereka tidak akan membawa Anda ke mana pun. Anda berurusan dengan seseorang yang mengalami disonansi kognitif yang dalam.

Jadi hal pertama yang Anda lakukan adalah membangun kembali hubungan baik.

Inilah yang perlu Anda lakukan:

1/ Buat lelucon yang tidak menghina mereka

Disonansi kognitif membuat orang masuk ke dalam cangkang.
Jika mereka menganggap Anda sebagai ancaman, cangkang akan tetap terjaga.
Lelucon memotong itu.
Jika Anda memberi isyarat bahwa Anda bukan ancaman dan membuat mereka tertawa, mereka akan merasa cukup aman untuk membuka diri.

2/ Jangan pernah menggosoknya

Sekarang setelah orang tersebut terbuka, Anda akan merasakan dorongan untuk menggosoknya.
Tapi tekan itu.
Jika Anda menggosoknya sekarang untuk memainkan superior, cangkangnya akan naik kembali.
Jika Anda benar-benar ingin memenangkan pertengkaran, maka pilihlah kebaikan.

3/ Jangan langsung meminta pertanggungjawaban mereka

Mereka baru menyadari ketidakkonsistenan mereka.
Ini tidak nyaman, untuk sedikitnya.
Jadi jangan berharap mereka segera mengubah perilaku mereka.
Beri mereka ruang untuk bernapas dan menyerap.
Mereka akan datang pada waktunya sendiri.

4/ Jangan menyandera masa lalu mereka

Mengatasi disonansi kognitif membutuhkan keberanian.
Jadi jangan menahan inkonsistensi mereka terhadap seseorang yang mencoba mengatasinya.
Mereka akan memiliki dorongan untuk membela tindakan mereka.
Mereka akan jatuh kembali ke pola lama.

Sekarang Anda tahu bagaimana memenangkan argumen tanpa membuat musuh. Tapi ini baru permulaan.

Ujian sebenarnya terletak pada bagaimana mendeteksi dan menghadapi disonansi kognitif Anda sendiri.

Karena mari kita hadapi itu.

Kita semua memilikinya.

Apakah Anda menggali, tidak mau melepaskan seperti anjing di atas tulangnya yang berharga?

Atau apakah Anda memperhatikan tanda-tandanya, menjadi sadar, dan mengubah pendirian Anda?

Hanya sedikit orang yang bisa melakukan itu.

Dan mereka yang melakukannya?

Mereka menuai manfaat yang tak terhitung.

Mereka melihat hal-hal yang orang lain tidak bisa.

Mereka bebas dari ego mereka.

Mereka berhasil dalam hubungan mereka, di tempat kerja, dan dalam kehidupan.

Layak untuk dicoba, bukan begitu?

Baca juga: