June 30, 2022
NETTER > Blog > Health > Beginiloh cara membangkitkan moody untuk kaum hawa
Sinar matahari pagi itu ngaruh banget untuk saya. Jadi berjemur atau senam pagi ringan sekitar tiga puluh menit. Bisa juga jalan kaki ringan di pagi hari, sangat sangat membantu. Habis olah raga mood bisa langsung berubah dari yg sebelumnya bete jadi lebih riang. Apalagi kalau bisa rutin olga nya.
Spread the love

Terkadang suka bersedih tanpa sebab yang jelas? atau mungkin lagi datang bulan? Atau lagi baby blues? Atau sering bete dan emosi tanpa sebab. Saya juga dulu sering banget begitu, tapi kemudian beberapa hal ini saya lakukan, dan sangat membantu banget utk menjadikan mood lebih baik.

Sebelumnya disclaimer dulu, saya bukan ahli kesehatan, bukan dokter juga. Ini adalah tips tips ini dari pengalaman pengalam pribadi, sebagian atas anjuran dokter saya juga. Banyak dari tips ini yang sudah saya lakukan bertahun tahun.

Yang pertama, kalau saya banyak makan yg manis manis, biasanya jadi lebih mudah emosional dan mood swing. Jadi ini saya hindari. Tapi malah kalau lagi PMS suka kepengen yg manis manis ya . Tapi sedapat mungkin saya hindari kalau sedang moody

Sinar matahari pagi itu ngaruh banget untuk saya. Jadi berjemur atau senam pagi ringan sekitar tiga puluh menit. Bisa juga jalan kaki ringan di pagi hari, sangat sangat membantu. Habis olah raga mood bisa langsung berubah dari yg sebelumnya bete jadi lebih riang. Apalagi kalau bisa rutin olga nya.

Yang kedua makanan. Makanan sehat seperti sayur sayuran, ikan bakar, telur, buat saya ngaruh banget. Kacang2 an dan pisang juga meningkatkan mood. Pil minyak ikan juga membantu menjadikan mood lebih baik utk saya.

Ketiga, menjelang PMS suka minum pil ‘evening primrose oil’ ini minyak bunga yg bisa menstabilkan hormon. Buat saya ini ngaruh banget. PMS saya dulu parah dah, suka nangis gak jelas. Kasihan suami suka salah tingkah. Nah sekarang sudah jauh lebih baik.

Berikutnya adalah wewangian alami di kamar. Saya suka naro kulit lemon atau bunga melati di dekat bantal tempat tidur. Lemon itu bikin happy, melati menenangkan. Mau pakai aroma therapy juga boleh. Ini buat saya ngaruh banget. Tidur lebih nyenyak, pagi mood lebih baik.

,

Lalu mendengarkan musik yang bisa meningkatkan mood. Kadang sambil nari nari gak jelas atau nyanyi nyanyi. Paling enak dengerin musik gini sambil jalan kaki pagi pakai earphone. Sambil berdendang juga. Dijamin deh mood jadi enakan habis jalan kaki 30 menit sambil dengerin music

Alihkan pikiran2 buruk, kecemasan dan sedih dengan mengerjakan hobby, jadi pikiran fokus ke arah lain. Kalau saya suka baking, masak di dapur. Yang suka berkebun, merajut, melukis, menjahit, apa aja deh, boleh. Itu contoh hasil baking minggu lalu.

Ingat banget dulu waktu mau sidang S3 nunggu 2 bulan, saya suka cemas gak jelas, susah tidur. Jadi saya suka ke dapur tengah malam ha ha ha. Bikin yg aneh aneh kayak selai marmalade, sourdough bread, kue kue kering, pokoknya resep yg susah deh, sehingga bisa fokus ke situ.

Nah dicoba ya tips tips nya nih… Semoga membantu ya. Oh ya satu lagi deh, spa dan urut atau lulur, buat saya sangat membantu meningkatkan mood, tapi kadang ini bisa pricey ya kalau ke spa yg bagus jadi ya kadang kadang aja he he he…