August 11, 2022
NETTER > Blog > Health > Cara Mengatasi Penolakan
Penolakan menyakitkan. Itu membuat Anda mempertanyakan harga diri Anda dan membuat Anda merasa sedih. Itu wajar untuk merasa begitu.
Spread the love

Penolakan menyakitkan. Itu membuat Anda mempertanyakan harga diri Anda dan membuat Anda merasa sedih. Itu wajar untuk merasa begitu.

Namun, penolakan seharusnya tidak menyeret Anda ke tingkat di mana itu membuat Anda sengsara dan membuat Anda percaya bahwa Anda tidak cukup baik.

Jika Anda tidak memutuskan rantai pikiran negatif Anda, penolakan dapat menciptakan malapetaka dalam hidup Anda.

Nah, berikut ini saya bagikan cara mengatasi penolakan dengan cara yang sehat.

  1. Proses Emosi Anda

Sebelum Anda menyingkirkan perasaan mengerikan yang ditimbulkan oleh penolakan, terimalah terlebih dahulu.

Ini akan membantu Anda memahami emosi Anda dan mendapatkan akar penolakan.

Anda dapat mengambil pena dan kertas dan mencatat semua emosi Anda – Mis. Marah, sedih, kecewa, dll.

Luangkan waktu untuk merenungkan dan memproses ini.

  1. Tetapkan Tujuan

Sekarang setelah Anda tahu bagaimana perasaan Anda, buat catatan tentang ‘bagaimana perasaan Anda’. Misalnya. Bahagia, dihormati, layak dll.

Ketika Anda melakukan ini, Anda telah menetapkan tujuan untuk emosi Anda.

Sekarang, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah, melakukan perjalanan dari ‘terendah’ ​​Anda ke ‘tertinggi’ Anda.

  1. Praktek Perawatan Diri

Jika Anda bisa merasa sengsara karena sesuatu yang eksternal, Anda juga bisa merasakan kebahagiaan karena sesuatu yang internal.

Anda memiliki kekuatan itu.

Belajarlah untuk menjaga diri sendiri.

Bermeditasi, tidur nyenyak, berolahraga, berlatih bersyukur, makan makanan sehat, mempraktikkan hobi yang sudah lama terlupakan; pada dasarnya, apa pun yang akan membuat Anda merasa diremajakan.

  1. Ucapkan Afirmasi Untuk Diri Sendiri

Anda paling tahu kekuatan Anda. Mungkin orang tidak melihatnya (dan tidak apa-apa), tetapi Anda tahu diri Anda luar dan dalam.

Tuliskan afirmasi dan ucapkan pada diri sendiri dengan lantang setiap hari.

Ini akan membantu Anda terhubung kembali dengan diri Anda yang kuat dan memulihkan emosi positif dalam diri Anda.

Ingat, Anda tidak berbicara sendiri, Anda mengenali kekuatan Anda.

Lakukan latihan ini dengan sepenuh hati.

  1. Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

Ketika seseorang menolak kita, kita menjadi tidak baik dan mulai membenci diri kita sendiri. Ini tidak adil.

Jika Anda merasa tidak enak tentang hal itu, catat penolakan secara objektif dan pelajari darinya alih-alih merendahkan diri.

Juga, penolakan seseorang terhadap Anda mungkin bukan kebenaran atau kenyataan Anda. Ingat, Anda jauh melampaui persepsi seseorang.

Jadi, bersihkan kebencian dan ketidakberhargaan dari diri Anda dan latih kebaikan.

  1. Kendalikan

Libatkan diri Anda dalam kegiatan produktif dan dapatkan kembali kendali atas hidup Anda.

Saat Anda mengambil tindakan; sekecil dan sesederhana mungkin, itu akan memberi Anda rasa pencapaian dan membuat Anda merasa percaya diri.

  1. Teruskan

Jika penolakan membuat Anda menyerah, maka Anda telah membuktikan kepada orang lain bahwa mereka benar.

Jangan biarkan siapa pun mengambil kekuatan Anda dari Anda dan menghentikan Anda dari mencapai potensi sejati Anda. Teruslah melangkah dan kejar mimpimu.

Anda akan melakukan keajaiban.

Langkah-langkah ini pasti akan membawa Anda dari perasaan ‘rendah’ ​​menjadi merasa yang terbaik.

Lanjutkan, jalani hidup Anda dengan persyaratan Anda dan lakukan yang terbaik dari segalanya.