June 30, 2022
NETTER > Blog > Stories > ENAM LANGKAH BERPIKIR SECARA SISTEMATIS
"Kita tidak dapat memecahkan masalah kita dengan tingkat pemikiran yang sama dengan yang menciptakannya." - Albert Einstein
Spread the love

Enam langkah tentang bagaimana berpikir secara sistematis dapat memecahkan masalah apa pun:

Sebelum menjelajahi enam langkah ini, saya ingin membagikan kutipan yang membingkai segalanya.

“Kita tidak dapat memecahkan masalah kita dengan tingkat pemikiran yang sama dengan yang menciptakannya.” – Albert Einstein

Seringkali Anda terjebak dan kewalahan karena Anda tidak memiliki sistem yang tepat untuk digunakan.

Langkah 1: Identifikasi masalah

Langkah pertama dalam memecahkan masalah adalah memahaminya.

Lihatlah secara mendalam seluruh hidup Anda secara individu, petakan masalah, dan lihat bagaimana semuanya bekerja bersama.

Contoh. Saat menjadi lebih sehat, selalu ada lebih banyak masalah daripada sekadar olahraga.

Langkah 2: Lacak kehidupan Anda saat ini.

Saat memikirkan suatu masalah, Anda dipengaruhi oleh situasi saat ini, yang memengaruhi analisis.

Semua masalah mengikuti kurva waktu, menunjukkannya sebagai masalah satu kali atau berulang.

Lacak dan nilai masalah Anda dengan waktu sebelum bertindak.

Langkah 3: Buat pernyataan perubahan

Harus ada visi yang jelas tentang proses pemecahan masalah.

Definisikan ini dalam sebuah pernyataan, termasuk target, proses, dan bahkan mengapa masalah terjadi.

Contoh. Untuk membantu meningkatkan kekuatan saya, saya akan pergi ke gym setiap minggu selama minimal 3 jam.

Langkah 4: Buat struktur perubahan

Struktur yang berubah harus menggambarkan bagaimana perilaku dan kebiasaan baru akan diselesaikan.

Bagaimana proses baru akan diterapkan:

Kapan. apa. Bagaimana caranya

Contoh. Pukul 5 sore, saat saya pulang kerja, saya akan pergi ke gym selama 30 menit.

Langkah 5: Masuk lebih dalam ke masalah.

Langkah ini adalah tentang memahami masalah mendasar yang Anda miliki.

Dengan mengamati cara kerja 4 langkah pertama. Apakah ini perbaikan proses yang sederhana, atau ada masalah lebih dalam yang perlu ditangani?

Seringkali Anda akan memiliki pekerjaan emosional yang harus dilakukan.

Langkah 6: Rencana B

Jika Anda menemukan pada langkah sebelumnya bahwa masalah dan hambatan emosional yang lebih dalam menghentikan Anda.

Rencana awal Anda untuk mengubah hidup dan kebiasaan Anda mungkin tidak berhasil.

Rencana B memungkinkan Anda menetapkan jalur untuk menciptakan perilaku yang Anda inginkan dengan tindakan yang lebih ekstrem.

Tidak seperti kebanyakan masalah kecil, masalah kompleks tidak dapat diselesaikan menggunakan peretasan atau metode cepat.

Keenam langkah ini adalah untuk mengeksplorasi dan memecahkan masalah yang lebih kompleks dalam hidup Anda.

Jika Anda ingin mengubah pola hidup Anda, 6 langkah ini memberi Anda peta jalan yang mudah diikuti.