5 Langkah Mengatasi Rasa Bosan, Cara ini Terbukti Ampuh Loh

Pernahkah anda merasakan serba salah ketika melakukan sesuatu? Semua hal terasa menyebalkan, tidak menyenangkan dan bahkan bisa membuat marah. Jika anda mengalami hal tersebut mungkin anda sedang mengalami apa yang disebut dengan bosan, suntuk atau jenuh. Bosan tidak hanya sudah tidak minat dengan suatu hal yang selalu sama.

Tetapi bosan atau jenuh dapat disebabkan karena terlalu banyak hal hal yang kita lakukan atau kita miliki. Sebagaimana sifat manusia yang selalu ingin lebih,  maka kebosanan terkadang timbul dari keinginan memiliki yang lebih dari yang sudah dipunyai.
Menghilangkan Rasa Bosan

Berikut 5 langkah mengatasi rasa bosan untuk anda praktikkan

  1. Menyusun Jadwal Dengan Baik

Keteraturan dapat mencegah kebosanan. Anda bisa meringankan pikiran dengan tidak terlalu keras mengingat apa yang harus dikerjakan. Alokasi waktu yang Bagus dapat mengurangi rasa jenuh. Analisa dapat membuat rancangan sub kegiatan dari agenda utama. Hal ini dapat memicu kreatifitas menghasilkan sebuah kegiatan baru didalam acara lama anda. Jadwal tidak harus sama setiap minggunya.

Misalkan jika selain bekerja, jadwal anda minggu lalu adalah berenang maka minggu ini dapat anda ganti dengan menonton film atau dengan berekreasi bersama keluarga atau teman. Salah satu dari 5 langkah mengatasi rasa bosan, penyusunan jadwal ini bahkan bisa membuat anda penuh harap ketika melihat agenda menyenangkan, misalnya hang out bersama teman.

  1. Melakukan Hobby

Hobby merupakan kesenangan yang kita miliki. Ada yang mempunyai hobby mancing, hobby memasak dan lain sebagainya. Berdasarkan banyak penelitian, hobby dapat benar-benar memangkas rasa bosan dan gabut sehingga dapat menjadi salah satu dari 5 langkah mengatasi rasa bosan. Ketika menjalankan aktivitas hobby maka gelombang otak akan relatif lebih rendah dan stabil. Jiwa menjadi tenang dan gairah menyala.

  1. Mencari Aktivitas Baru

Kejenuhan bisa terjadi pada saat anda mengulang aktivitas yang selalu sama. Anda dapat mulai melakukan kegiatan baru yang belum pernah anda jalani. Referensi dapat dengan bertukar agenda dengan teman ataupun mengikuti kegiatan teman. Bisa saja hal yang dikerjakan teman anda merupakan suatu aktivitas yang benar-benar baru bagi anda. Jika memiliki 100 teman,  maka kita sudah dapat mempunyai paling tidak 50 aktivitas baru yang mampu memangkas kebosanan. Buatlah list khusus untuk mencatat hal baru yang sangat mungkin bisa dilakukan.

  1. Rekreasi

Setiap manusia membutuhkan jeda dari aktivitas rutin yang dikerjakan. Rekreasi adalah sebuah tindakan untuk memberikan sela waktu dari kegiatan yang sehari-hari dikerjakan. Rekreasi tidak selalu harus piknik atau wisata. Sebagai salah satu cara dari 5 langkah mengatasi rasa bosan, rekreasi merupakan cara paling jitu untuk menghilangkan rasa jenuh yang hinggap.

Mendengarkan musik, bermain bersama dengan anak, hang out, bertemu kawan lama dapat menjadi salah satu alternatif agenda rekreasi. Memang piknik merupakan salah satu bentuk rekreasi paling awam dan umum dilakukan. Bahkan melakukan kegiatan relaksasi seperti Yoga, meditasi dapat menjadi alternatif rekreasi. Begitu juga membaca novel,  ataupun kegiatan lainnya yang menyenangkan.

  1. Aktivitas Religi

Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta sangat penting untuk memperbarui jiwa kita. Ibadah, keinginan untuk berkeluh kesah kepada Yang Maha kuasa dapat memberikan ketentraman serta kenyamanan batin sehingga mampu mengikis rasa bosan yang anda alami. Selalu sediakan waktu untuk berkomunikasi kepada Tuhan guna menambah aliran energi dalam diri sehingga anda terlepas dari rasa bosan. Tak terkecuali apapun agama yang anda anut.

Demikian 5 langkah Cara mengatasi rasa bosan. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan