July 6, 2022
NETTER > Blog > Health > Sehat gak sih kalua kita aktifnya hanya di malam hari?
Manusia tuh unik. Mungkin ada di antara kamu yg merasa lebih seger dan aktif serta berkonsentrasi hanya di malem hari. Sulit memang untuk tidur malam bagi mereka yang benar benar anak malam. Bawaannya pengen begadang terus. Akhirnya memutuskan buat kerja/belajar saat dini hari. Kamu kaya gitu nggak?
Spread the love

“Sehat gak sih kalua kita aktifnya hanya di malam hari? Karena kalau malam tuh seger suasananya.” “Apa bisa manusai jadi seperti burung hantu? Apakah sehat? Apakah anak pagi jauh lebih sehat?”

Ah belum tentu, tapi kalau kamu hidupnya masih harus kerja pagi2, jadi night owl bisa saja berbahaya buat kamu. Kok bisa?

Manusia tuh unik. Mungkin ada di antara kamu yg merasa lebih seger dan aktif serta berkonsentrasi hanya di malem hari. Sulit memang untuk tidur malam bagi mereka yang benar benar anak malam. Bawaannya pengen begadang terus. Akhirnya memutuskan buat kerja/belajar saat dini hari. Kamu kaya gitu nggak?

Orang pasti beranggapan bahwa mereka yg terbiasa melek di malam hari hingga pagi cenderung ga sehat. Apakah anggapan tsb benar? Hmm belum tentu. Simak pembahasan dibawah ini.

Dahulu kala, orang orang menentukan aktivitas-istirahatnya mengikuti terbit dan terbenamnya matahari. Kalau pagi, mereka kerja (berburu/bertanam), kalau malam mereka tidur. Fisiologis manusia tdk sepeka makhluk2 nokturnal, seperti kemampuan penglihatan tajam di malam hari misalnya

Namun sejak adanya lampu lampu artifisial dan budaya kerja modern, manusia sudah gak lagi mengikuti perubahan siang dan malam, namun mengikuti kesibukannya masing masing sehingga ada orang yg cenderung aktif di pagi dan ada yg aktif ketika malam.

Masalahnya, kita hidup di tengah sistem masyarakat yang mayoritasnya memenuhi standar waktu kerja dan istirahat yang tetap, yaitu sore-malam untuk istirahat dan pagi-siang untuk bekerja dan beraktivitas sehingga hidup sebagai night owl pasti akan menyusahkanmu.

Malamnya aktif dg sesuatu, eh paginya harus bekerja/sekolah. Yang kaya gini bikin night owl jadi kurang tidur dan itulah yang mengancam. Selain itu, Nauha, dkk (2020) nemuin kalau orang2 morning lark cenderung beraktivitas fisik lebih sering dibandingkan night owl.

Udah kurang tidur, hidupnya sedenter pula alias kurang aktivitas fisik. Yang kaya gini bikin resiko resiko penyakit tidak menular jadi meningkat, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes mellitus, hipertensi, hingga kanker

Tapi gak semua night owl punya masalah kaya gitu. Rata rata mereka bekerja di bidang seni, freelancerl, artis, content creator, dan jenis pekerjaan lain yang tidak menuntut waktu pada umumnya sehingga bebas aja mau tidur/bangun jam berapa aja.

“Coba cari cari kiat biar night owl lebih sehat tapi belum ketemu? terutama yg masih harus kerja di pagi hari?” Ada!

1. Mundurin waktu tidur sebanyak 2-3 jam dari waktu tidur biasanya. Misal, waktu tidur biasanya jam 3, so nanti mulai tidur pukul 01.00 atau 00.00.

2. Jika mundurin waktu tidur 2-3 jam terlalu sulit, mundurin pelan pelan. Mundurkan waktu tidur jadi 15 menit lebih awal dari waktu tidur biasanya tiap 2-3 kali sehari. Misalnya, waktu tidur biasanya pukul 3 pagi, mundurin deh jadi 02.45 pagi (dikurangi 15 menit). Dua hari berikutnya mundurin ke jam 02.30. Gitu terus sampe tbtb berhasil tidur di bawah jam 23.00

3. Usahain tidur dalam keadaan gelap

4. Pas bangun, buka semua sumber cahaya yang ada

5. Terapin pola makan teratur, porsi cukup, dan gizi seimbang.

6. Jika kamu termasuk tim makan 3x sehari, jangan melewatkan sarapan.

7. Jangan makan malam di atas pukul 19.00.

8. Jangan minum minuman berkafein di atas jam15.00, seperti teh, kopi, cokelat, soda, dan lain-lain.

9. Rutinkan olahraga.

10. Sadari bahwa mungkin kamu bukan night owl, melainkan pencari ketenangan.

Jika suasana yg mnjd alasan kamu begadang, carilah tempat yg sesuai di pagi hari

Semoga bermanfaatt!!!