August 11, 2022
NETTER > Blog > Stories > Seni Berkomunikasi Dengan Diri Sendiri
Anda sering membaca tentang bagaimana keterampilan komunikasi yang efektif dapat membuat Anda mengesankan dan sukses.
Spread the love

Anda sering membaca tentang bagaimana keterampilan komunikasi yang efektif dapat membuat Anda mengesankan dan sukses.

Tapi, sangat jarang Anda membaca tentang apa yang bisa dilakukan oleh komunikasi dengan diri Anda sendiri untuk Anda.

Kita semua memiliki suara hati itu, tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat melatihnya seperti halnya Anda dapat melatih diri Anda untuk berbicara dengan orang lain?

Berikut 5 cara menguasai seni komunikasi internal.

  1. Jeda

Dunia saat ini dipenuhi dengan kebisingan. Anda tidak dapat menemukan saat-saat hening, kecuali jika Anda memutuskan untuk menarik diri dari kekacauan dan masuk ke dalam kepompong yang menyehatkan diri.

Dan ini sangat penting!

Luangkan waktu istirahat setiap hari untuk berhenti sejenak dan menjadi diri sendiri.

Bernapaslah dan lepaskan.

Ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan suara hati Anda.

Ingat, tanpa mendengarkan apa yang dikatakannya, Anda tidak dapat mengubah isinya.

  1. Refleksikan

Saat Anda berhenti, Anda tahu apa yang menarik Anda kembali.

Renungkan, dan jika mungkin, ubah arah suara Anda.

Jika Anda tahu bahwa Anda sedang menuju ke lubang yang negatif dan gelap, secara sadar menarik diri Anda keluar dari situ dan dengan cepat memikirkan cara bagaimana situasi Anda dapat ditangani dengan cara yang lebih baik.

Anda akan merasakan perubahan positif dalam diri Anda.

  1. Perawatan Diri

Jika Anda merasa rendah diri, tanyakan pada diri sendiri – apa yang dapat saya lakukan untuk membuat diri saya merasa lebih baik?

Suara hati Anda akan muncul dengan jawaban. Ini akan memberi tahu Anda apa yang dibutuhkannya.

Bangunlah dari tempatmu dan lakukanlah.

Perhatikan bagaimana suara hati Anda berubah dan meningkatkan suasana hati Anda.

  1. Self-Talk Positif

Ketika teman atau kolega Anda merasa sedih, Anda mencoba berbicara dengan mereka dan membuat mereka merasa lebih baik. Benar? Lakukan ini untuk diri sendiri juga.

Jangan menunggu sesaat ketika Anda sengsara dan kemudian memanjakan diri dengan self-talk yang positif. Lakukan setiap hari.

Ya, afirmasi berhasil! Anda dapat memilih 5 kalimat sederhana untuk diceritakan kepada diri sendiri (dengan suara keras) setiap hari atau Anda bahkan dapat menuliskannya.

Latihan ini memberikan nada positif untuk hari Anda dan membantu Anda fokus pada apa yang penting bagi kesejahteraan Anda.

P.S. Jangan ucapkan kalimat secara mekanis.

Ucapkan dengan penuh keyakinan dan keyakinan.

  1. Bersiaplah

Semua orang tahu pemicunya. Tapi yang disayangkan adalah, sangat sedikit orang yang siap untuk tidak terpicu.

Jika Anda tahu sesuatu akan datang dan Anda akan merasakan hal tertentu, persiapkan diri Anda untuk itu. Jangan biarkan itu menguasai Anda.

Persiapkan tanggapan Anda terlebih dahulu – jika ini terjadi, beginilah cara saya menghadapinya.

Setelah Anda melakukan ini, Anda mengizinkan suara waras Anda untuk menjaga Anda dan bukan orang lain atau situasi apa pun.